twitter


'Joko!'
'iya buu!'
'apa tujuan hidup kamu?'
'membahagiakan orang tua bu!'
'kalo kamu, Paijo?'
'jadi orang yang berguna bu'

Dari dulu sampe gue ngetik tulisan ini, kita pasti masih bertanya-tanya, 'apa tujuan hidup ini?'. Sebagian orang mungkin udah nemuin tujuan hidup mereka, tapi kembali lagi pertanyaan muncul dibenak kita, 'benarkah cuma itu tujuan hidup mereka?'

Untuk sebuah perjalanan singkat dibumi ini, kita terus bergerak. bekerja. beraktivitas seperti selayaknya manusia. mempunyai kesibukan. kebebasan. kegelisahan. kesenangan. kesulitan. dan untuk sebuah momen, kembali lagi kita dibawa untuk berfikir lebih dalam, 'sebenarnya, apa tujuan hidup ini?'

Terkadang kita mencoba mencari sebuah jawaban untuk satu pertanyaan sulit. Tapi tidak pernah bisa untuk menemukan jawaban itu. Langkah selanjutnya adalah, kita hanya terus hidup dan tetap bergerak. Mungkin saja jawaban itu akan datang suatu hari nanti.

Tetapi untuk sebuah batas kesabaran, kadangkala manusia tidak pernah bisa menahannya. Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Selalu ingin tahu. Selalu menginginkan sebuah jawaban.

Dulu, guru SD kelas 5 gue pernah bertanya pas lagi ada pelajaran.
'Rian, apa tujuan hidup kamu?' sambil bertopang dagu ibu itu nanya ke gue.
'ng.. apa ya bu?'
sejenak kita berdua terdiam.
'nggak tau bu' kata gue melanjutkan.
'kenapa bisa nggak tau? tujuan hidup kan banyak. misalnya, nyenengin orang tua, menggapai cita-cita, masuk surga, dan lain-lain'
'kalo menurut saya, tujuan hidup ngga cuma itu aja bu'
'loh, kenapa bisa gitu?' si ibu malah dibikin bingung oleh muridnya. percayalah, dulu pas SD gue lebih pinter dibanding Farhat Abbas.
'nggak tau. yang jelas, sampe sekarang aja saya masih nggak pernah tau'
Ibu itu diem sebentar, mengangkat kepalanya, lalu tersenyum dan melipat kedua tangannya ke-atas meja.
'kalo gitu, kamu harus cari tahu apa tujuan hidup kamu, Rian'

Dan mulai saat itulah, tiap kali gue inget tentang semua yang ada diatas bumi ini, tentang bagaimana semua ini ada dan diciptakan, tentang tuhan yang selalu ada, tentang manusia yang harus hidup di planet keempat dalam tata surya ini, gue selalu memandang kelangit. menutup mata. dan berfikir 'sudahkah saya menemukan tujuan hidup saya? atau belum sama sekali? atau... pertanyaan seperti ini, memang tidak pernah dimaksudkan untuk dijawab?'

Mungkin...

0 comments:

Post a Comment